Rabu, 16 Februari 2011

Perkembangan Misi Merapikan Keuangan


Setelah baca buku ini, gw seperti kalang kabut mau ngerapihin keuangan keluarga ini dari mana.
Keluarga ini sebenarnya sudah punya tabungan dan investasi dalam jumlah yang masih kecil. Tetapi salahnya gw, gw ga pernah misahin itu tabungan mau ditujukan kemana. Gw cuma nabung dan invest yang gw tau itu penting buat kedepannya. sedangkan dalam menabung awalnya kita musti tau tujuan dari kita menabung dan investasi itu untuk apa.

Wina Dalam Bukunya memberikan 100 langkah untuk tidak miskin. Disitu dia juga menyarankan kita untuk memberikan tenggat waktu kapan tujuan itu akan tercapai..
Ini gw buat 10 diantaranya..
  1. Memiliki Penghasilan (DONE)
  2. Memisahkan pengeluaran bulanan dengan pengeluaran mingguan (Pe eR buat gw krn blom misahin pengeluaran mingguan) (bulan depan)
  3. Pergi ke ATM seminggu sekali saja (bulan depan)
  4. Mengerti cara kerja kartu kredit (DONE) *diterjemahkan sebagai belom punya dan ga mau punya kecuali kepaksa*
  5. Membayar dan melaporkan SPT (DONE).
  6. Mempunyai rencana keuangan sederhana (DONE) *mau diperbaiki lagi sedikit lepih rapih*
  7. Mampu membayar semua tagihan (DONE).
  8. Punya dana darurat minimal sekali biaya hidup sebulan (DONE)
  9. Punya fasilitas kesehatan yang cukup (DONE)
  10. Mampu beramal minimal 2,5% pendapatan (DONE) 
dari list diatas gw mau usaha buat mengambil ATM hanya seminggu sekali plus membuat list apa aja kebutuhan gw selama seminggu, jadi gw ga perlu jebol ATM sering sering.

Selain itu gw musti memisahkan dan mulai investasi untuk dana pendidikan, dana pensiun dan dana darurat.
Untuk dana pendidikan Keyla jumlah yang gw butuhkan bisa dilihat pada tabel ini

perhitungannya bisa diambil dari sini
bisa dilihatkan betapa bikin pusing jumlahnya..untuk investasinya bisa digunakan reksadana.
inilah jumlah dana yang musti saya keluarkan tiap bulannya..
mari kita menenggak obat pingsan..:((

2 komentar:

bayu hidayat on 21 Februari 2011 pukul 23.19 mengatakan...

wih banyak ya. iya reksadana aja ni. biar nti di ambil pas dah di butuhkan. jadi kapan mau anak ke 2 ni. itungan anak pertama aja banyak kali tuh. hihi.

citra on 21 Februari 2011 pukul 23.35 mengatakan...

iya yu..ini baru anak pertama..mana anak pertama maunya di UCLA, YALE, Harvard ato al azhar lagi..hahhaha..

 

GUNAWAN FAMILY Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino