Rabu, 16 Februari 2011

Review Buku Ligwina Hananto "Untuk Indonesia Kuat, 100 Langkah untuk Tidak Miskin"


Untuk ibu ibu muda yang ikutan forum ibu ibu, parenting, dan semacamnya.. siapa yang ga kenal dengan Ligwina Hananto, CEO Qm financial seorang ibu dan juga financial planner indenpenden. Dia ini banyak melakukan seminar, wawancara di radio dan juga aktif di blog nya. Dia konsen pada pengaturan financial keluarga. ligwina ini baru baru ini meluncurkan bukunya yang sangat berguna untuk keluarga kecil yang menginginkan perekonomian yang kuat.

Gw uda lama ikutin twitternya @mrshananto dan juga website qmfinancial. setiap gw ngebaca websitenya..rasanya pusing, meriang, dan pertanyaan yang..apa mungkin dana yang gw butuhkan buat keluarga gw segitu gede? Akhirnya si ibu ini ngeluarin buku dan gw uda ga sabar mau ngebaca. akhirnya gw beli di sini. Pelayanannya emang agak lama tapi gw tetep seneng waktu buku ini nyampe ke tangan gw.
Gw baca buku ini lumayan cepet cuma 3 hari. Sebenernya uda lama waktu segitu untuk ukuran gw, cuma emang diselingi dengan waktu bersama Keyla

Buku ini diawali dengan penjelasan mengenai Golongan menengah yg jumlahnya cukup besar di Indonesia. Penjelasannya mengenai Golongan menengahj itu adalah orang orang yang tidak pernah memikirkan akan tinggal dimana, cukup makan 3 kali sehari plus bisa menyisihkan uangnya untuk berlibur.
Wah itu gw banget..dan gw rasa banyak orang Indonesia yang berada di kondisi seperti ini.
 Golongan menengah ini tidak bisa dibilang miskin krn mereka tidak lagi memikirkan apakah akan makan hari ini atau tidak, tetapi tidak juga bisa dibilang golongan kaya karena masih panik kalau ada inflasi dan kenaikan bensin..
Golongan menengah ini tidak akan ada yang membantu masalah keuangan krn mereka bukan golongan miskin. Tetapi dalam kenyataannya golongan ini banyak mempunyai utang kartu kredit, belum punya runah di umur 30 tahun, belum bisa membayar tagihannya sendiri dan masih kesusahan memikirkan uang sekolah anak dan dana jika dia pensiun nanti.

Dibuku ini juga dijabarkan kerugian jika kita hanya menabung. menabung aja ga cukup. kita mulai harus mengenal reksadana dan juga asuransi proteksi keluarga dan diri sendiri
Untuk Keluarga diperlukan
Asuransi Jiwa untuk kepala keluarga atau yang mempunyai penghasilan.
Dana Darurat yang pernah gw jabarin di sini
Dana pendidikan
Dana Pensiun
Dana Kesehatan
Itu pokok yang paling penting..
Sebuah keluarga juga musti bisa berdiri sendiri tanpa bantuan keluarga lain (orangtua) dan juga mempunyai rumah serta kendaraan.
Buku ini juga menjelaskan trik trik berinvestasi reksadana untuk mengurangi resiko.
Secara keseluruhan gw suka banget buku ini. bahasanya sangat provokatif. Saat gw baca buku ini gw punya semangat yang menggebu gebu untuk merapikan keuangan keluarga kecil ini.

0 komentar:

 

GUNAWAN FAMILY Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino