Minggu, 13 Maret 2011

ASISTEN ASISTEN


Buat emak emak yang harus kekantor dan ninggalin anak di rumah, musti kayaknya punya seorang pengasuh. Kalaupun bisa dijagain ama neneknya, tetapi pengasuh juga diperlukan. Dikeluarga gw, kita uda lama ga make asisten, krn emang rumah jarang kotor dan untuk makan kita biasanya catering. Setiap sabtu itu adalah hari kerja bakti kita. Dulu gw sempet kesel ama mama krn ga mau punya asisten. gw mikir, pelit amat sik nyokap gw. Sekarang gw tau kenapa nyokap males punya asisten. Ternyata punya asisten itu seperti naik rollercoaster.

Asisten Memang sangat membantu..Keyla selama hidupnya (macam uda lama bener idupnya) uda punya 3 pengasuh. Mulai punya pengasuh umur 4 bulan. Waktu akhirnya musti masuk kerja waktu umur keyla 2,5 bulan, gw blom nemu pengasuh..tapi waktu itu gw cuma musti kerja selama 2 minggu. masih ada mertua dirumah dan juga karyawan laundry yang bisa dijadikan backup.

Pengasuh Pertama
Tinggalnya rada jauh dari rumah, namanya yanti. waktu pertama kali lihat sepertinya lembut ngadepin Keyla dan juga berpengalaman ngasuh anak. Oh iya, Kriteria kita milih pengasuh emang yang ga tinggal dirumah dan bisa balik hari. Yanti orangnya sabar ngadepin Keyla, dateng juga tepat waktu. tapi...sekalinya minta ijin ga kerja, dia ga ijin dulu, bikin gw kebat kebit dan kepaksa kabur dari kantor jaga Keyla. si Yanti ini cuma berthan satu bulan saja

Pengasuh Kedua
Namanya Ratna. Dia ini karyawan suami di laundry, dari 7 orang yang ada di laundry, dialah yang paling memenuhi kriteria buat jagain Keyla. Ratna ini rajin banget kerjanya, ga perlu disuruh tiap hari rumah kinclong ama dia. Keyla juga lengket ama dia. Dia ga pernah bolos kerja, jadi gw tiap hari tenang pergi kerja krn dia selalu dateng. Tapiii....Dia kasar kalo memperlakukan anaknya. suka bener marahin anaknya tereak tereak depan telinga Keyla. Dia juga suka bener gendong Keyla, ini bikin Keyla jadi mau digendong mulu. Akhirnya karena kebiasaannya gendong Keyla, pinggangnya sering sakit dan akhirnya divonis ga boleh angkat berat berat. Yah sutralah..diikhlaskan dan dia balik kembali kerja di laundry. Kliatannya Ratna emang lebih cocok kerja di laundry. Orangnya suka ngobrol, kalo di laundry temennya banyak jadi dia bisa ngobrol sepuasnya selagi nyetrika pakaian.

Pengasih Ketiga
Namanya Yanti. Dia ini juga karyawan laundry. Tadinya gw kekeuh ga mau dia yang jaga Keyla. Yanti menderita bibir sumbing, membuat dia sengau bicara. Hal ini lumayan gw takutkan. Gw takut skill ngomong Keyla jadi terlambat. Tapi karena emang susah nyari orang, gw pasrah aja deh..selagi gw nyari orang, Yanti ini bisa diandelin. Ternyata Yanti bagus banget ngerawat Keyla. Gw juga ngeliat cara dia ngasuh anaknya, sangat telaten. Dia ga bosen bosen ngajak Keyla ngobrol dan bernyanyi.Keyla juga lengket ama dia..Satu yang gw seneng dari Yanti, Dia bisa bikin berbagai macam trik supaya Keyla mau makan. Alhamdulillah skr Keyla lumayan banyak makannya. Masalah ngomongnya..ternyata Keyla malah makin banyak ngomong, gw juga sekeluarga emang sering juga sih ngajak Keyla ngobrol..Yanti uda 4 bulan jadi pengasuh Keyla. Semua berjalan juga ga mulus banget..ada juga yang ngeganjel disana sini..tapi emang yah begitu kalo punya orang lain dalam keluarga kita..pasti dia punya kekurangan dan kelebihan. Bulan pertama dan kedua kerja, yanti ini sering banget ga dateng, bikin gw sering bolos juga kerja. Lama lama puyeng juga. malah pernah suaminya dateng dan minta yanti berhenti kerja. Akhirnya suami gw marah, dia bilang..ga papa Yanti berhenti kerja, tapi beresin dulu utang piutang dia..akhirnya dia ga jadi berhenti dan kami mengultimatum dia dengan sistem potong gaji kalo dia ga dateng. Kejem yah? sebenernya prakteknya sih ga gitu juga..Tapi alhamdulillah skr dia uda ga pernah bolos lagi..gw bisa tenang sementara ini. heheh..

Kondisi karyawan sedang tenang sekarang..alhamdulillah 8 karyawan ini betah kerja dikeluarga kami. Dari mereka, gw pribadi banyak belajar. gw belajar menempatkan diri. ada saatnya gw bisa jadi temen curhat mereka dan ada saatnya gw musti tegas. Dulu gw orangnya ga tegaan kl nyuruh nyuruh orang. Cuma kemudian gw sadar, kalo gw ga bilangin apa yang salah, dampaknya juga bisa ke Keyla dan keluarga gw. alhamdulillah kita juga bisa memberi lapangan kerja pada 8 orang dan bisa bersedekah kepada orang yang tepat..:)

Intinya punya pengasuh dan karyawan itu cuma sabar dan diiringi ketegasan. Jadikan mereka teman tapi juga tegas. beritahukan apa yang salah jadi ga ngedongkol dalem ati dan akhirnya jadi jerawat #eh

1 komentar:

ndutyke on 23 Agustus 2011 pukul 22.23 mengatakan...

"Intinya punya pengasuh dan karyawan itu cuma sabar dan diiringi ketegasan. Jadikan mereka teman tapi juga tegas. beritahukan apa yang salah jadi ga ngedongkol dalem ati dan akhirnya jadi jerawat #eh "

>> hehehe bener mbak. metode yg sama dalam aku bersosialisasi dgn murid2ku.

 

GUNAWAN FAMILY Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino